PEMBANGKIT LISTRIK ALTERNATIVE

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), adalah pembangkit yang memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber penghasil listrik. Negara kita merupakan negara yang dilewati oleh katulistiwa, tidak akan kehilangan sinar matahari sebagai sumber utamanya. Seandainya negara kita menghasilkan Teknokrat yang banyak dan bergelut disegala lini tidak menutup kemungkinan setiap penduduk dapat menikmati PLTS ini. Alat utama untuk menangkap, perubah dan penghasil listrik adalah Photovoltaic atau yang disebut secara umum Modul / Panel Solar Cell. Dengan alat tersebut sinar matahari dirubah menjadi listrik melalui proses aliran-aliran elektron negatif dan positif didalam cell modul tersebut karena perbedaan electron. Hasil dari aliran elektron-elektron akan menjadi listrik DC yang dapat langsung dimanfatkan untuk mengisi battery / aki sesuai tegangan dan ampere yang diperlukan. Rata-rata produk modul solar cell yang ada dipasaran menghasilkan tegangan 12 s/d 18 VDC dan ampere antara 0.5 s/d 7 Ampere. Modul juga memiliki kapasitas beraneka ragam mulai kapsitas 10 Watt Peak s/d 200 Watt Peak juga memiliki type cell monocrystal dan polycrystal. Komponen inti dari sistem PLTS ini meliputi peralatan : Modul Solar Cell, Regulator / controller, Battery / Aki, Inverter DC to AC, Beban / Load. beberapa Perusahaan telah mengembangkan beberapa produk PLTS yang digunakan untuk rumah tangga dengan skala kecil yang dapat digunakan untu Penerangan Rumah Tangga.

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), adalah pembangkit yang memenfaatkan aliran air sebagai sumber penghasil listrik. Alat utamanya adalah turbin, dengan turbin ini bisa menggerakan generator tersebut maka dapat dihasilkan arus listrik . Pembangkit ini lebih effisien dari pada pembangkit listrik tenaga surya didalam menghasilkan listriknya. Indonesia merupakan negara yang sebagian wilayahnya adalah air atau bisa disebut sebagai negara maritim tetapi energi listrik sangat kurang, tidak ada keseimbangan antara jumlah penduduk dengan perkembangan teknologi. akibatnya kebutuhan listrik sangat jauh ketinggalan.

Dari air dapat diciptakan banyak pembangkit. misalnya Pembangkit Listrik Tenaga Ombak, Pembangkit Listrik Tenaga Pasang Surut, Pembangkit Listrik Mikrohidro yaitu pembangkit listrik skala kecil yang dapat digunakan oleh beberapa Kepala Keluarga atau bahkan Dusun, dan lain sebagainya

Pembangkit Listrik Tenaga Angin (Wind Power), adalah pembangkit yang memenfaatkan hembusan angin sebagai sumber penghasil listrik. Alat utamanya adalah generator, dengan generator tersebut maka dapat dihasilkan arus listrik dari gerekan blade / baling-baling yang bergerak karena hembusan angin. Pembangkit ini lebih effisien dari pada pembangkit listrik tenaga surya didalam menghasilkan listriknya. Pembangkit listrik yang ada dipasaran memiliki kapasitas watt per jam 200, 400, 500, 1000, 2000 dan 3000 Watt. Pembangkit ini tidak sembarang dapat digunakan karena medan yang akan dipasang harus memiliki hembusan / kecepatan angin yang tinggi dan stabil. Untuk menggerakan blade / baling-baling agar bisa berputar saja harus memiliki kecepatan angin 2 meter/detik dan untuk menghasilkan listrik yang stabil sesuai kapasitas generatornya rata-rata 6 s/d 10 meter/detik.

Semua alternatif diatas ada di negara kita. untuk itu mari membangun SDM yang kuat dan cerdas serta beakhlaq yang mulia. jauhkan pendidikan dari kepentingan politik yang hanya sesaat. Apabila semua teknologi Pembangkit diatas diaplikasikan di seluruh negeri Indonesia yang tercinta ini berapa besar penghematan yang akan dihasilkan, dari hitungan perkiraan apabila semua pembangkit digunakan adalah : PLTS menghemat = 480.000.000 Watt/malam + Wind Power menghemat = 400.000.000 Watt/malam + PLTA menghemat = 160.000.000 Watt/malam. Jadi TOTAL Penghematan dalam 1 malam = 1.040.000.000 Watt / malam.

Categories: Bebas | Tags: | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: