Se Asia Hanya di Indonesia yang memberi penghormatan kepada Narapidana dalam Pemilu

Pilpres di TPS 11 Warungboto

Pilpres di TPS 11 Warungboto

ANFREL Foundation merupakan pemantau asing yang terdiri Thailand, Jepang, Malaysia, Monggolia, Nepal, Pakistan, Kamboja, Bangladesh dan Pakistan. Sementara yang melakukan pemantauan pilpres kali ini hanya dilakukan lima negara.
Somsri Hananuntasuk pemantau ANFREL dari Thailan menilai penyelenggaraan pilpres berjalan dengan baik, bebas, adil dan damai. Selain itu, partisipasi pemilih di Indonesia masih dianggap relatif tinggi dibandingkan dengan pemilu di beberapa negara lainnya.
Somsri menjelaskan, sebenarnya walau banyak persoalan dalam pelaksanaan Pileg dan Pilpres, namun ada perkembangan positif terkait teknis dan prosedur pemilihan. Misalnya, penghormatan terhadap hak pilih para pasien di rumah sakit dan narapidana di penjara, serta kepada para penyandang cacat.
“Bahkan justru pelaksanan Pileg dan Pilres yang lebih baik dilakukan di penjara. Ini yang paling bagus se-Asia, bagaimana seorang narapidana diberikan hak pilihnya,” jelasnya.
Somsri juga menceritakan bagaimana baiknya sistem pencontrengan, yang dinilai sistem baru dalam pemilu di Indonesia, dilakukan di penjara. Para narapidana diperiksa semua jarinya sebelum mengambil surat suara, petugas TPS yang membuka semua surat suara yang asli kepada para saksi.
ANFREL Foundation, lanjut Somsri, juga memantau pelaksanaan kampanye di Indonesia yang lebih baik di banding negara lainnya. Misalnya, perangkat UU yang mengatur pemilu, khususnya adanya larangan anak-anak dalam kampanye merupakan yang terbaik di negara ASEAN.
“Indonesia punya UU Pemilu yang melarang anak-anak dan siswa sekolah untuk ikut kampanye. Itu sangat bagus di Asia Tenggara, walau memang dalam prakteknya ada juga, tapi setidaknya ada aturan yang melarang itu,” ujarnya. sumber detik.com

Categories: Bebas | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: