Satelit Palapa D punya Indosat siap beroperasi oktober 2009

Sebagai perusahaan jasa telekomunikasi Indosat telah meluncurkan satelit Palapa D dari tempat peluncuran satelit di Xichang, China. kenapa di pilih cina? itu karena track record nya yang bagus. dari semua satelit yang pernah mereka luncurkan sukses 100 persen, tidak ada yang gagal. Jadi bukan karena harga (lebih murah), harga rata-rata nggak beda jauh,” kata Fadzri saat mengunjungi CALT, Beijing, China, Minggu (30/8/2009). Selama ini, CALT telah sukses  meluncurkan total 52 satelit.
Peluncuran PALAPA akan dilakukan Senin (31/8/2009) pada sore hari di Xichang, China. Jika berhasil, sore itu akan menjadi hari bersejarah bagi Indonesia karena satelit itu akan menjadi satelit pertama milik perusahaan operator jasa telekomunikasi di Indonesia.

Tidak hanya China yang digandeng, Indosat juga menunjuk perusahaan Prancis, Thales Alenia Space France, sebagai pembuat satelit PALAPA-D. Dengan demikian, peluncurnya buatan China, dan satelitnya buatan Prancis. Kapan teknologi Indonesia bisa sampai ke ruang angkasa?

Belajarlah Sampai ke China

Pepatah klasik mengatakan belajar itu tak ada batasnya, bahkan dalam hadist nabi Muhammad pun bersabda: Belajarlah hingga ke Negeri China. Dalam hal teknologi luar angkasa, Indonesia pun agaknya harus benar-benar belajar ke China.
Menurut Gobel, yang pertama harus dilakukan untuk memajukan industri teknologi adalah tersedianya industri komponen. Dengan tersedianya komponen di dalam negeri, kata Gobel, industri teknologi di Indonesia tidak akan mudah goyang jika mengalami badai krisis. Menguasai komponen adalah nyawa industri teknologi.

“Di Industri itu nggak ada yang namanya jangka pendek, yang ada jangka panjang,” kata Gobel.

Gobel menambahkan, kemajuan teknologi sebuah negara juga tidak hanya berdampak pada pertumbuhan ekonomi, tetapi pada hal yang lebih luas, yakni kebanggaan yang akan tumbuh menjadi sebuah rasa nasionalisme.

“Makanya kalau bicara nasionalisme, jangan bicara nasionalisme yang sempit,” tutur pengusaha di bidang elektronik ini.

Jadi, kapan kira-kira teknologi Indonesia akan maju dan membuahkan hasil secara ekonomi dan menumbuhkan nasionalisme? Nampaknya Indonesia masih harus belajar banyak. Belajar sampai ke negeri nenek moyangnya sendiri, China.
sumber detikinet.com

Categories: Bebas | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “Satelit Palapa D punya Indosat siap beroperasi oktober 2009

  1. adit

    mas mau nanya, mas tau ga untuk cari data gambar signal indosat, yang dari tlephone ke satelit trus baliq laagi ke telepon org yg dituju???saya ga tau dan ada tugas, bisa bantu?
    thks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: