Guru Harus memberi contoh TIDAK Merokok

Dinas Pendidikan Kota Semarang mengimbau para guru harus memberikan contoh tidak merokok di lingkungan sekolah agar kebiasaan buruk itu tidak ditiru para anak didiknya. “Kepala sekolah dan guru harus mampu memotivasi anak didiknya untuk tidak merokok,” kata Kepala Bidang Monitoring dan Pengembangan Dinas Pendidikan Kota Semarang, Nana Storada, di Semarang, Kamis.

Hal tersebut diungkapkannya usai sosialisasi “Menciptakan Lingkungan Pendidikan Yang Sehat Tanpa Asap Rokok” di SMA Negeri 2 Semarang, bagi seluruh pihak yang berperan dalam penyelenggaraan pendidikan.
Menurut dia, sosialisasi tersebut diselenggarakan secara bertahap selama tiga hari, 15-17 Juli 2010, yang akan diikuti, di antaranya oleh guru bimbingan konseling (BK) dan kepala sekolah. Republika.co.id
Sosialisasi tersebut sebenarnya lebih diarahkan pada upaya pencegahan kebiasaan merokok secara psikologis, bukan secara medis yang selama ini banyak dilakukan berbagai pihak. “Kebiasaan merokok bisa muncul akibat berbagai pengaruh yang didapat dari lingkungan dan berpengaruh secara psikologis, termasuk dari kebiasaan guru. Karena itu, guru harus memberi contoh yang baik.
untuk Jogjakarta, berdasarkan pengamatan penulis masih banyak guru yang seenaknya merokok sambil jalan-jalan di lingkungan sekolah dan juga di ruang guru, padahal jelas Peraturan Gubernur Nomor 42 Tahun 2009 tentang Pelarangan merokok ditempat umum, yang tentunya termasuk Sekolah dan tentunya diliihat oleh murid yang akan meniru perbuatanya. sayang sekali Peraturan Gubernur tersebut tidak ada sanksi yang tegas, akibatnya guru yang merokok di ruang guru atau di lingkungan sekolah tidak ada teguran atau sanksi.

Categories: Bebas | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “Guru Harus memberi contoh TIDAK Merokok

  1. betul tuh pak🙂 setuju…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: