Rupa-rupa Diklat Calon Kepala Sekolah

Pendidikan dan Pelatihan (diklat) Calon Kepala Sekolah (cakep) merupakan langkah awal dimulainya komitmen bersama terhadap perubahan paradigma rekrutmen kepala sekolah untuk kepengurusan Majelis Dikdasmen PDM Kota Yogyakarta Periode 2010 – 2015.

Hasil Diklat Calon Kepala Sekolah dari SD, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK tahun 2011 ini secara langsung akan dapat memberikan kontribusi, komitmen dan pikiran pada pradigma baru dalam penugasan/pengangkatan kepala sekolah serta adanya upaya penguatan kapasitas dan kompetensi kepala sekolah.

Dalam rangka peningkatan Kapasitas dan kualitas Kepala sekolah, diperlukan komitmen dan kerja keras bersama. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah pendidikan dan pelatihan. Langkah ini akan memberikan pembekalan sejak dini dan menyiapkan kesiapan mental guru Muhammadiyah menjadi pimpinan pada satuan pendidikan yang handal.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan Peraturan Pemerinah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, ditegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional. Sebagai pendidik profesional, guru disamping dituntut mampu melaksanakan tugas pembelajaran dan bimbingan dengan baik, juga harus mampu melaksanakan tugas pengembangan profesi.

Apabila guru yang di beri beban menjadi kepala sekolah memiliki kemampuan yang baik dalam menjalankan tugasnya, maka akan dapat menunjang tercapainya tujuan pendidikan. Salah satu faktor utama yang harus diperhatikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah adalah kemampuan Kepala Sekolah dalam mengolah sumber daya dengan maksimal.

Berdasarkan landasan tersebut, maka dalam mengangkat Calon Kepala Sekolah, perlu dipilih guru yang berkualitas. Kemampuan dalam menjalankan tugas jabatan guru sebagai kepala sekolah, merupakan persyaratan mutlak yang harus dimiliki seorang calon kepala sekolah. Oleh karena itu, perlu diadakan kegiatan seleksi calon kepala sekolah dan dilanjutkan dengan pendidikan dan latihan (Diklat) Calon Kepala Sekolah.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memperoleh calon kepala sekolah yang qualified dalam melaksanakan tugas-tugas profesi guru disamping kepala sekolah, sehingga dapat membawa kemajuan pendidikan di sekolah Muhammadiyah khususnya dan Kota Jogjakarta pada umumnya, baik di tingkat pendidikan dasar, maupun pendidikan menengah.
TATA TERTIB PESERTA DIKLAT
JADWAL DIKLAT CALON KEPALA SEKOLAH MUHAMMADIYAH

Categories: Bebas | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: