On Job Training Suatu keharusan Guru SMK

On Job Training (OJT) atau magang guru di Perusahaan dapat memberi manfaat yang saling menguntungkan baik bagi sekolah maupun bagi dunia usaha dunia industri. Sekolah dapat meningkatkan kompetensi guru produktif sehingga dapat menyediakan lulusan yang siap kerja sedangkan industri dapat memperoleh tenaga kerja yang siap pakai. Selain itu dengan Program pemerataan mutu keahlian guru SMK melalui kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri maka diharapkan proses alih teknologi dapat semakin cepat sehingga akan muncul industri-industri yang berbasis SMK.

Untuk dapat mencapai hal tersebut maka guru-guru produktif SMK harus mampu menguasai teknologi terkini sehingga mampu menerapkan teknologi tersebut dalam pendidikan khususnya pada proses kegiatan belajar mengajar, serta dapat menjadi pihak yang paling berperan dalam sinkronisasi proses pendidikan di sekolah dengan kebutuhan sumber daya manusia di dunia usaha dunia industri.

Mesin Pelubang Busbar dengan tenaga Hidrolik

Mesin Pelubang Busbar dengan tenaga Hidrolik

Melalui Program Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Menengah (P2TK Dikmen), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 penulis yang juga guru SMK Negeri 3 Yogyakarta mendapatkan kesempatan untuk OJT di PT. Sukses Bersama Bangun Technindo ( PT. SBBBT) yang bergerak dalam bidang Pembuatan dan Perakitan Panel Listrik.

Banyak ilmu dan pengalaman baru yang penulis dapatkan dalam melaksanakan OJT tersebut, sehingga beberapa pengalaman dan ilmu dapat diterapkan di sekolah untuk menunjang pembelajaran yang lebih baik.

Pemasangan Kabel dalam Panel

Pemasangan Kabel dalam Panel

Sebelum pelaksanaan OJT peserta yang mendapatkan bantuan dari P2TK Dikmen diadakan pembekalan terlebih dahulu (Bimtek) yang di kumpulkan di Hotel Taman Safari Garden Cisarua Jl Raya Pancak Bogor.

Setelah Pelaksanaan OJT semua peserta di kumpulkan di Kota yang sama untuk mempresentasikan hasil pelaksanaan selama OJT.  dalam pertemuan tersebut juga diharapkan untuk menyusun program rencana tindak lanjut (RTL) dari Program OJT.

 

 

 

Categories: Bebas | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: