Peran Pemimpin Dalam Pembelajaran

Pengajar Praktik PGP AK.7 Kota Yogyakarta

Lokakarya ke 3 Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Kota Yogyakarta dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 Maret 2023 bertempat di SMP Negeri 4 Yogyakarta dengan pembahasan utama Peran Pemimpin dalam pembelajaran.

Tujuan umum dari lokakarya 3 ini adalah:
1. Calon Guru Penggerak mampu mendemonstrasikan pemahaman tentang pembelajaran berdiferensiasi.
2. Calon Guru Penggerak mampu mendemonstrasikan pemahaman mengenai mindfulness dan integrasi 5 kompetensi sosial emosional dalam praktik mengajar.
3. Calon Guru Penggerak merencanakan strategi berbagi dengan rekan sejawat mengenai pembelajaran berdiferensiasi dan kompetensi sosial emosional.

Agenda dari kegiatan ini diawali dengan pembukaan dengan perkenalan antar CGP dan kesepakatan kelas dan Ice Breaking. Pengajar Praktik menyampaikan salam dan menyapa Calon Guru Penggerak dengan semangat dan dilanjutkan dengan ice breaking dengan membetuk lingkaran seperti video dibawah ini

ice breaking pembukaan lokakarya 3 CGP Angkatan 7 Kota Yogyakarta


Kegiatan dilanjutkan dengan praktik simulasi pembelajaran berdeferinasial, dengan menghadirkan 1 CGP didalam kelas untuk berperan sebagai guru, dua orang sebagai observer, Calon guru penggerak lain menjadi murid.

Kegiatan selanjutnya adalah latihan Mindfulness bersama dengan harapan melatih mengontrol emosi dan menenangkan fikiran, kegiatan ini lakukan dengan Latihan Teknik STOP, Mendengar dengan Sadar (Mindful listening), dan Melihat dengan Sadar (mindful seeing).

Materi ke empat adalah pelaksanaan praktik integrasi 5 kompetensi sosial emosional dalam rencana pembelajaran dan dilanjutkan dengan membuat membuat rencana berbagi pengalaman belajar konsep pembelajaran berdiferensiasi dan kompetensi sosial emosional.

Kegiatan diakhiri dengan evaluasi, berdoa dan foto bersama

Tentang Maryono

guru yang baik adalah yang mengerti akan kebutuhan anak didiknya
Pos ini dipublikasikan di Bebas. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar